Tips Membuat Blog Yang SEO Friendly

SBA. Salam Blogger, kesempatan kali ini saya akan berbagi tips SEO, lebih jelasnya Tips Membuat Blog Yang SEO Friendly. Memang hal yang harus diketahui oleh seorang blogger. Kebanyakan para blogger yang baru membuat blog pertama kali biasanya tidak memperhitungkan Tentang SEO yang akan mengoptimasi blognya pada search engine. Bukan bermaksud tuk merendahkan blogger pemula, saya sendiri blogger yang tergolong pemula, tulisan ini hanya saya buat sebagai acuan para blogger pemula dalam membuat blog yang seo friendly. Lantas mengapa blog yang dibuat harus SEO friendly ? ya tentu saja biar menjadi sahabatnya mesin pencari kalo bahasa indonesianya. Sebuah blog harus SEO friendly agar blog kita lebih mudah Masuk ke dalam database mesin pencari seperti google, yahoo, yandex dan lain sebagainya. Jika blog kita sudah masuk kedalam database mesin pencari maka mesin pencari akan mengindeks semua konten yang ada di dalam blog kita baik url-url artikel, isi astikel, serta kata kunci semua yang termuat didalam blog kita. Apa syarat blog yang tergolong SEO Friendly ? berikut pendapat saya tentang syarat blog yang tergolong SEO friendly :

  1. Blog SEO Friendly harus bertemakan sesuatu yang menarik dan banyak dicari oleh orang.
  2. Konten yang dimuat dalam blog harus sesuai dengan tema yang telah dipilih. ( Sinkronisasi antara tema blog dengan konten ) misalnya anda memilih tema tempat-tempat wisata di indonesia, jadi konten yang anda tulis harus bertemakan tempat wisata. Jangan keluar dari ruang lingkup tema yang dipilih. Lihat seperti blog ini, pembahasaannya fokus di katergori SEO, Blogging dan Adnsense saja.
  3. Blog SEO friendly harus memuat banyak keyword yang populer serta relevan dengan tema.
  4. URL blog dengan judul blog harus sinkron dan serumpun.
  5. Blog yang SEO friendly selalu menggunakan template yang SEO.
  6. Blog harus memiliki banyak backlink yang berkualitas.
  7. Masih banyak lagi lainya yang mau nambahin silahkan boleh kok.
Dari uraian diatas dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat blog yang SEO friendly. Lantas bagaimana caranya, ya lihat saja pada poin-poin diatas, buat blog seperti poin-point diatas dijamin blog anda akan SEO friendly kalo menurut saya wkwkw.
  1. Pertama jika ingin membuat blog yang seo friendly tentukan tema yang hendak anda terapkan pada blog baru anda tersebut,
  2. Berikutnya tulis artikel / konten yang sesuai dengan tema yang telah anda tentukan di point 1.
  3. Artikel yang anda tulis harus original, 
  4. Next perbanyaklah keyword / kata kunci yang populer pada search engine yang tentunya juga harus sinkron dengan tema pada blog anda. Anda bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu untuk mengetahu kualitas kata kunci yang akan kita bidik dan muat kedalam konten. Gunakan tools-tools seperti google adsword untuk melakukan riset.
  5. Buatlah url blog anda dengan url yang sinkoron dengan judul blog serta mudah diingat oleh visitor.
  6. Gunakan template yang SEO friendly, cari di google banyak kok yang share template SEO friendly.
  7. Cari backlink sebanyak mungkin ke blog anda yang tentunya backlink yang berkualitas.
  8. Rajin submit url artikel, url blog ke berbagai webmaster tools.
  9. Kirimkan peta situs ke berbagai webmaster tols
  10. Rajin – rajinlah share artikel ke berbagai sosial bookmark serta sosial media.
  11. Rajin – rajinlah blogwalking.
Dengan melakukan point-point diatas, saya yakin blog Anda cepat atau lambat akan menjadi blog yang SEO friendly. Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan, semoga bermanfaat. ()

1 komentar:

  1. terimakasih banyak sob buat tutorialnya, sangat membantu..

    http://herbalkuacemaxs.com/

    BalasHapus