Tips Menjaga Gigi dan Gusi Tetap Sehat

Gigi dan gusi merupakan bagian tubuh yang paling sering kita abaikan kesehatan dan kebersihannya. Padahal menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan gusi cukup mudah. Kita hanya perlu secara rajin menggosok gigi dengan cara yang benar, serta rajin ke dokter gigi 6 bulan sekali.

Sayang, kebiasaan-kebiasaan seperti merokok, mengonsumsi minuman dan minuman manis yang terlalu sering, serta lalai menggosok gigi secara teratur dan benar justru membuat kita mengalami masalah kesehatan pada gigi dan gusi.

Salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi pada gigi dan gusi adalah gigi berlubang dan radang gusi. Sakit gigi akibat gigi berlubang biasanya akan membuat gusi membengkak dan kita menjadi sulit mengunyah makanan. Sementara radang gusi akan membuat gusi kita memerah, membengkak dan berdarah.

Radang gusi ini, seperti dilansir dalam laman www.rd.com, biasanya disebabkan oleh timbunan plak pada gigi yang akan memerlukan penanganan khusus dari dokter untuk mengangkat plak tersebut. Jika tidak mendapatkan penanganan dengan tepat, radang gusi yang juga dikenal gingivitis ini akan berkembang menjadi periodontitis yang menyebabkan akar gigi menjadi rapuh dan terlepas dari gusi. Wah!


Nah, Anda tentu tidak ingin mendapatkan masalah ini ya? Maka dari itu, mulailah untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi adalah dengan rajin menggosok gigi dengan cara yang benar.

Selanjutnya, Anda juga harus mengontrol konsumsi makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Hindarilah mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis dan akhiri makan Anda dengan memakan makanan yang dapat mencegah timbulnya lubang pada gigi seperti keju yang telah difermentasi dalam waktu yang lama.

Oiya, Anda juga perlu secara rutin mengonsumsi vitamin C untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Serta, hindari mengonsumsi buah kering atau makanan yang mudah menempel di sela-sela gigi.

Nah, itulah cara untuk menjaga gigi tetap sehat. Jagalah gigi dan gusi agar tetap sehat dan milikilah senyum yang menawan!

Semoga bermanfaat!!

1 komentar: